expr:class="loading" + data:blog.mobileClass'>

15 Mar 2011

tugas ModeL dan siMuLasi

         Ini adaLah saLah satu tugas model dan simuLasi yang saya dapat daRi bantuan google. saya menemukan nya di 'WebLog' punya seseoRang. DisiNi  Saya sengaja me copas untuk kepentingan pRibadi, agar jika saya memerLukan Lagi untuk panduan kuLiah. saya tak perLu susah mencarinya.

Aplikasi Simulasi :: Antrian SPBU dengan Visual Basic 6.0

          Lahirnya SPBU Adalah sebuah era dimana lalu-lintas di Amerika banyak menggunakan kuda ataupun kereta kuda. Setelah ditemukannya minyak dan kendaraan berbahan bakar gasolin maka para pengendara mulai berburu tempat penjualan gasolin seperti toko serba ada ataupun toko besi yang menjual bahan bakar tersebut serta pelumas.
            Pada tahun 1907, John McLean seorang manajer penjualan Standar Oil Co (California) di Seattle – kelak menjadi Chevron, mendapatkan ide cemerlang. Ia memasang tangki berkapasitas 30 galon lalu menyambungkannya dengan selang untuk mengalirkan gasolin serta diujung selang ia memasang gelas ukur untuk menakar jumlah gasolin yang akan dijual kepada pembeli. Dengan dilengkapi atap dari kanvas, jalur kendaraan serta meteran untuk mengetahui jumlah bahan bakar yang dijual maka jadilah sebuah SPBU pertama di dunia. Meskipun pada awalnya banyak mendapat perlawanan dari pemerintah lokal karena takut akan bahaya kebakaran namun masyarakat begitu terbuai dengan pelayanan SPBU ini. Tahun 1914, Standard mengoperasikan 34 SPBU dan mereka menyebutnya pada waktu itu dengan istilah berada di 6 kota di California.
           Dalam kesehariannya di SPBU sering terjadi antrian panjang, yang dikarenakan oleh jumlah pelanggan yang antri, lama waktu pelayanan, dan jumlah dari SPBU itu sendiri, sehingga banyak pelanggan mengeluh akan kurang nyamannya pelayanan (service) yang dilakukan oleh pihak SPBU, dimana ketika kebutuhan pelanggan akan BBM sangat besar maka akan terjadi antrian yang sangat panjang.
         Aplikasi simulasi antrian BBM merupakan simulasi yang menggunakan simulasi system diskrit dimana sistem yang variabel keadaannya berubah secara instan pada titik-titik waktu tertentu atau perubahan variabel keadaannya dari suatu saat ke saat lain tidak kontinu. Dalam satu SPBU mempunyai beberapa mesin pengisian BBM. Untuk interval kedatangan dan lama pelayanan berdistribusi uniform, dimana kita bebas menginput interval dan bilangan tersebut akan dirandom secara random diskrit dengan formulasi rumus yang digunakan :
xi = <a + ((b-a) + 1) x u>
Lama waktu simulasi = waktu mulai sampai dengan selesai, waktu mulai = 0
Rata-rata pelanggan menunggu (dari datang s/d selesai) = total pelanggan menunggu / jumlah pelanggan
Persentase petugas menganggur = total petugas menganggur / waktu simulasi x 100%
Penggunaan mesin pengisi BBM sibuk (Utilization) = Waktu petugas sibuk = 100% – persentase petugas menganggur

Tampilan Aplikasi Simulasi Antrian SPBU
Tampilan Input
Tampilan Output Setelah Proses 
 
 TampiLan List pRogaram 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar